IKAN GABUS YANG BERACUN


Di sebuah desa ada seorang ayah yang pekerjaannya sebagai buruh /pekerja srabutan. Dia harus menafkahi seorang istri dan 3 anaknya yang masih kecil kecil. Seorang ayah tersebut orang taat beribadah kepada Allah swt.dan selalu mengajarkan pada keluagnya untuk salat lima waktu .meskipun tergolong orang miskin tetapi dia tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur atas rezeki yang ia dapatkan. Pada suatu hari dia tidak ada pekerjaan dan cadangan makanan untuk hari telah habis. Maka seorang ayah tersebut pergi memancing dengan harapan hasil pancingannya bisa untuk membeli makanan untuk keluarga. Ringkas cerita hari itu pamit pergi memancing.

“Nak....doakan ya.. semoga hari ini Allah swt memberikan rezeki yang lebih banyak”.

Anak anak dan istrinya menjawab Aamiin.

Sampai ditempat pemancingan dia selalu berdoa dan mengawalinya dengan baca basmalah, tak lama kemudian pancing yang diisi umpan dilemparkan, dengan waktu yang singkat mendapat ikan gabus yang sangat besar. Dia merasa sangat senang karena akan bisa membahagiakan keluarganya, Namun apa yang terjadi ternyata ada orang yang tak dikenal  disebelahnya punya niat jahat ingin memiliki ikan yang didapatnya. Dengan cara kekerasan sampai sang ayah tersebut tidak sadarkan diri , ikan dirampas dan dibawa lari entah kemana. Setelah sang ayah terbangun merasa kesakitan dan menangis karena  ingat keluarganya yang hari ini belum ada yang dimakan.dia hanya bisa berdoa karena sudah tidak berdaya dan merasakan kesakitan. Orang yang merampas itu merasa bangga dan dimakan bersama kelurganya. Ketika sedang makan dengan tidak sengaja tangannya tertusuk duri ikan hasil rampasan, keluarganya tidak mengetahui kalo ternyata ikan yang makan hasil rampasan. Singkat cerita setelah bangun tidur tangan yang  barusan kena duri bengkak dan memerah dan terasa sangat sakit .

Pergilah kedokter.

Dokter berkata ini racunnya sudah menjalar ke seluruh tubuh. Dokter memberi obat namun tidak ada perubahan sampai bertahun tahun dia merasakan sakitnya harta bendanya habis untuk membeli obat tapi belum sembuh. Akhirnya pergi ke seorang kyai untuk minta saran dan pendapat atas sakit yang dideritanya. Sang kyai minta agar menceritakan jalan cerita penyakitnya tersebut dan mengingat ingat kesalahan yang pernah dilakukan. Setelah bercerita sang kyai menyarankan untuk mencari orang yang pernah disakiti dan untuk meminta maaf kepadanya. Akhirnya dia mencari orang yang pernah dipukuli dirampas hak miliknya kesana kemari dia bertanya karena dia tidak mengenalinya. karena dia benar benar ingin bertobat dan minta maaf, maka Allah swt mempertemukan orang tersebut dan bersimpuh untuk meminta maaf .

Dari cerita di atas mari kita ambil pelajaran untuk anak anak jangan kalian mudah menyakiti dan merampas hak orang lain karena itu termasuk perbuat dolim 

Sesuai dengan cuplikan arti dari hadis nabi Muhammad saw.

Salah satu doa yang langsung dikabulkan oleh Allah swt adalah doa orang di dolimi .

Dan Allah swt adalah Al Ghafur Maha pengampun terhadap hambaNya yang beriman dan mau  bertobat

 

Cerita ini diambil dari majalah azan terbitan th 2007

Dikirim Oleh : Mustariyah, S.PdI

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "IKAN GABUS YANG BERACUN"

Posting Komentar